Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Tingkat Pendidikan      :   SD
Kelas/semester            :   IV/1
Mata Pelajaran              :   IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Tahun Pelajaran            :   2008/2009
Standar Kompetensi
3.   Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan.
3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran.
A.   Tujuan Pembelajaran

Kognitif : Siswa dapat menyebutkan 3 contoh hewan berdasarkan jenis makananya melalui pengamatan

Afektif : Siswa dapat mendiskripsikan 3 ciri-ciri hewan berdasarkan jenis makanannya melalui pengamatan

Psikomotorik : Siswa dapat menggambarkan 3 hewan berdasarkan jenis makanannya melalui pengamatan

B. Indikator

Kognitif : Menyebutkan contoh-contoh hewan berdasarkan jenis makananya

Afektif : Mendiskripsikan ciri-ciri hewan berdasarkan jenis makanannya

Psikomotorik : Menggambarkan hewan berdasarkan jenis makanannya

C.  Materi Pembelajaran
•     Makanan hewan
•     Penggolongan hewan
D.  Metode Pembelajaran
•     Ceramah, observasi, dan diskusi
E.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
I.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
2.   Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan saksama.
II.   Kegiatan Inti
1.   Siswa bersama kelompoknya mencari dan mengamati hewan-hewan di sekitarnya untuk dikelompokkan berdasarkan ada tidaknya tulang belakang.
2.   Siswa melakukan diskusi kelas tentang hasil pengamatannya.
3.   Siswa melakukan kunjungan ke kebun binatang di sekitarnya kemudian mengelompokkan hewan yang ditemuinya.
III.  Kegiatan Penutup
1.   Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2.   Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.
F.   Sumber Belajar
1.   Buku IPA SD kelas IV
2.   Referensi lain yang relevan
G.   Penilaian Hasil Belajar
I.    Pemahaman dan Penerapan Konsep
      Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian
      Contoh soal: isian
1.   Hewan yang memakan serangga disebut ….
II.   Kinerja Ilmiah
      Bentuk Instrumen: Portofolio
      Siswa membuat kliping tentang hewan.
Mengetahui,                                                                                                         …………, …………………….
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelas
____________________                                                                                 ____________________
NIP                                                                                                                         NIP
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: